Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog

Mengenal Aneka Pangsit Dalam Dimsum

by nemorosus

Mengenal Aneka Pangsit Dalam Dimsum

Orang Canton menyebut snack ringan ini dengan nama dim sum. Tidak heran jika dim sum disajikan dalam wadah-wadah bambu dengan porsi kecil, dengan ukuran sekali gigit. Sajian yang paling diingat dalam dim sum adalah pangsit dan siomay. Agar bisa menyebut pangsit apa yang paling Anda suka, berikut ini saya tuliskan tentang macam macam pangsit yang biasa disajikan dalam dim sum.

Shrimp dumpling / Har gau
Merupakan di sum yang terbuat dari cacahan udang yang dibungkus dengan kulit pangsit tipis dan transparan, kemudian dimasak dengan cara direbus. Kulitnya biasanbya terbuat dari tepung beras, sehingga nampak cantik sekali dan ringan di mulut.

Chiu-chao dumplings / Fun guo
Dim Sum ini berbentuk setengah lingkaran, memiliki kulit lebih tebal, biasanya fun guo berisi cacahan kacang, bawang putih, udang kering, daging babi, lobak kering dan juga jamur shiitake. Fun Gao biasa disajikan dengan kecap pedas.

Potsticker / Jiaozi goreng
Hampir sama dengan fun guo, namun kulit potsticker biasanya ditutup dengan kerutan-kerutan cantik dan kemudian digoreng sebentar setelah dikukus. Isinya adalah daging dan potongan kubis.

Shaomai / Siomay
Bentuk siomay jenis ini mudah dikenali karena nampak seperti kantong agak persegi yang diikat atasnya. Ada juga siomay yang bagian atasnya dibiarkan terbuka dan diberi irisan jamur atau telur kepiting, sementara kulitnya dilipat cantik di bagian pinggir. Isi siomay biasanya adalah potongan daging, udang yang digiling menjadi adonan.

Haam Sui Gaau
Dim sum jenis ini sekilas bentuknya mirip kue mochi karena kulitnya terbuat dari tepung beras yang manis dan lengket, sementara isinya terasa gurih. Kekhasannya yang lain yaitu haam sui gaau digoreng secara deep fried, sehingga menghasilkan tekstur yang unik.

Comment on this post

obat diabetes 11/17/2016 05:07

Thanks for sharing the article, very interesting and rewarding, Thank's again

Cara Mengobati Wasir 11/13/2016 18:54

Thanks for sharing the article, very interesting and rewarding, Thank's again

Obat Wasir 11/13/2016 18:53

Thanks for sharing